geger bumi majapahit

Geger Bumi Majapahit

BUMI MAJAPAHIT

Geger Bumi Majapahit Di Nusantara

Majapahit merupakan kerajaan tersohor yang pernah ada di bumi jawa. ketersohoran majapahit tidak luput dengan keberhasilan program politik “Sumpah Palapa” Gajah Mada dalam upaya menyatukan bumi nusantara. Sebuah program politik yang dimulai sejak pemerintahan Tribhuwana Wijayatunggadewi hingga pemerintahan Hayam Wuruk.

Ketesohoran Majapahit tidak hanya dalam bala tentaranya saja melainkan pula berkembangnya kebudayaan, kesenian, dan kesusastraan. Namun siapa sangka dibalik ketersohorannya, ternyata majapahit menyimpan borok-borok sejarah yang selama ini tak terendus oleh orang banyak. tercatat sejak berdiri hingga runtuhnya kerajaan tersebut, gejolak perang dan intrik kudeta mewarnai perjalanan majapahit.

Perebuatan Kekuasaan Kerajaan Majapahit

Perebutan kekuasaan antar trah majapahit sejak era wikramawardhana hingga giridrawardhana merupakan potret bagaimana kegaduhan majapahit begitu akut. selain kudeta dan perang. majapahit tidak luput dari bencana kelaparan, gempa bumi dan meletusnya gunung kelud. serangkaian perang, kudetan dan peristiwa alam ini telah menggetarkan pulau jawa.

Leave a comment